22 May 2016

Cara Mengetahui Siapa yang Memotong Jaringan Wi-fi Kita

Bermain wif-fi di tempat terbuka (umum) memanglah mempunyai resiko tersendiri seperti halnya yang dialami oleh kebanyakan orang termasuk kita sendiri, ya apalagi kalau bukan putus koneksi. Sungguh hal yang sangat menyebalkan bukan? Sedang asik-asiknya browsing tapi tiba-tiba jaringan wifi kita sudah tidak mau konek lagi. Mungkin bagi sebagian orang bukanlah suatu masalah, tapi bagaimana dengan Anda yang sedang mengerjakan hal-hal penting di internet. Sehingga mau tidak mau kita harus menunggu jaringannya kembali terkoneksi. Akan tetapi masalahnya bagaimana bila jaringan wifi yang sedang kita gunakan di tempat umum ini masih saja belum bisa tersambung dengan komputer atau hp kita, menunggu adalah jawabannya!

Cara Mengetahui Siapa yang Memotong Jaringan Wi-fi Kita
Cara Mengetahui Siapa yang Memotong Jaringan Wi-fi Kita

Menunggu bukanlah hal yang menyenangkan, saya mengerti tidak semua orang suka dengan hal menunggu karena ini adalah suatu yang paling membosankan. Ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang berguna seperti topik yang akan dibahas kali ini yaitu cara mengetahui siapa yang memotong jaringan wi-fi kita. Dengan begitu mungkin kita akan melakukan sesuatu termasuk menyerang balik si pengguna wifi yang nakal tersebut. Untuk langkah tutorialnya silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.

Cara Mengetahui Siapa yang Memotong Jaringan Wi-fi Kita
Biasanya jaringan yang diputuskan oleh orang lain akan ada tanda seru pada logo, untuk mengetahui siapa penyebabnya silahkan lakukan percobaan dibawah ini.

Untuk Pengguna Komputer/Laptop :
1. Tekan tombol start (logo windows) dipojok kiri bawah dan ketikkan "cmd".

2. Setelah jendela cmd terbuka, lalu ketik "arp -a" (tanpa tanda petik) lalu tekan enter.

3. Disitu anda akan melihat alamat ip orang lain yang terkoneksi pada jaringan wi-fi dengan status "dynamic".

4. Alamat ip yang berstatus dynamic inilah yang sedang melakukan hal-hal yang tidak wajar, termasuk memotong jaringan kita.

5. Pada contoh kasus di laptop saya, berikut ip-address si pelaku yang nakal yaitu 192.168.1.9 yang berstatus type "dynamic".

Cara Mengetahui Siapa yang Memotong Jaringan Wi-fi Kita


Untuk Pengguna Hp Android :
1. Karena di handphone android tidak ada aplikasi "cmd" seperti yang ada di laptop, maka kita harus mencari terlebih dahulu dari Playstore, nama aplikasi tersebut adalah Terminal Emulator.

2. Buka aplikasi terminal emulatornya dan lakukan cara seperti diatas mulai dari nomor 2 (dua).

Setelah mengetahui ip-address si pelaku kini sekarang terserah pada anda sendiri bagaiamana cara menanganinya. Sebaiknya anda sudah menyiapkan sebuah aplikasi yang dapat memutuskan jaringan wi-fi orang lain seperti yang digunakan oleh si pelaku.

Ada banyak aplikasi pemotong jaringan yang dapat anda cari di internet secara gratis. Sehingga kita dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan bijak disaat genting seperti ini, anggaplah untuk berjaga-jaga jika ada yang nakal pada jaringan. Semoga bermanfaat.......

Artikel Terkait

Cara Mengetahui Siapa yang Memotong Jaringan Wi-fi Kita
4/ 5
Oleh